Digital Marketing Untuk Pemula

admin 21 November 2019 0 Comments
Apa yang Anda tau mengenai sebuah kalimat bernama Digital Marketing? Digital Marketing adalah salah satu usaha yang digunakan untuk menawarkan sebuah merek atau produk dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara pribadi, tepat waktu, dan relevan. Tipe pemasaran digital memiliki cakupan yang banyak berbau teknik dan praktek yang masuk dalam kategori pemasaran internet. Mengapa harus Digital Marketing? Sebab, konsep ini merupakan salah satu hal yang memegang peran penting yang dapat membantu meningkatkan keberhasilan sebuah startup. Hal apa saja yang perlu diperhatikan saat akan melakukan digital marketing campaign? Mungkin hal tersebut merupakah salah satu pertanyaan paling dasar bagi orang yang masih awam atau awal dalam dunia marketing online.Menurut Italo Gani yang merupakan CEO Adskom, setiap kegiatan marketing baik online maupun offline harus dimulai dari satu hal yang paling mendasar. Yaitu, memahami perilaku konsumen baik kebutuhan, keinginan, sifat, seberapa tinggi paham kedaerahannya, preferensi politik dan lainnya. Hal ini bertujuan agar ketika menyusun sebuah kegiatan marketing  campaign Anda dapat menyusunnya secara spefisik, tidak hanya berdasarkan usia, lokasi tempat tinggal serta pendidikan.

Lebih jauh mengenai memahami perilaku konsumen, Google pada tahun 2011 telah melakukan riset yang dikenal dengan nama Zero Moment of Truth. Konsep ini mendeskripsikan mengenai perilaku konsumen dalam mencari suatu informasi menggunakan google search engine sebelum membuat sebuah keputusan membeli barang di era digital ini, secara garis besar tahapan tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Stimulus, merupakan tahap awal dimana individu dapat mengetahui sebuah produk (aware to the brand’s presence)
  2. Zero Moment of Truth (ZMOT), adalah step selanjutnya dimana individu secara aktif mengamati dan mempelajari suatu informasi dari yang mereka dapat
  3. First Moment of Truth (FMOT), adalah step dimana individu akan berinteraksi secara langsung dengan produk yang dicari seperti melihat produk di toko, memperoleh penjelasan dari marketing/sales dan lainnya
  4. Second Moment of Truth (SMOT), merupakan tahap saat seseorang telah membeli dan mendapatkan experience setelah menggunakan produk tersebut. Apakah menyenangkan atau menyebalkan? Semacam testimoni dari penggunakan produk.

Di era digital ini experience yang dialami konsumen saat SMOT akan di bagikan secara digital melalui internet maupun sosial media dan akan menjadi sumber bagi konsumen lainnya tersebut untuk melakukan ZMOT atau review sebelum membeli produk yang sama. Sehingga peran ZMOT jauh lebih penting dibandingkan FMOT bagi konsumen dalam menentukan keputusan. Nah, salah satu cara untuk mengetahui seperti apa ZMOT dari sebuah produk adalah dengan melakukan analisa sebuah keyword pada Google Trend.

Google Trend merupakan suatu alat untuk mengetahui sejauh mana kepopuleran suatu keyword yang memiliki keterkaitan terhadap produk yang Anda miliki. Sebagai contoh: Misalkan usaha Anda adalah jualan HP, maka Anda dapat mengecek seberapa popular keyword yang berhubungan dengan HP yang Anda jual seperti blackberry jual, handphone second, dan lainnya. Konsep diatas merupakan hal dasar yang perlu Anda pahami mengenai mindset yang terdapat dalam diri konsumen ataupun pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *