Hashtag untuk Meningkatkan Engagement

admin 7 September 2020 0 Comments

Meski terlihat sepele, hashtag Instagram sebenarnya dapat membantu meningkatkan engagement pada post Anda. Studi yang dilakukan Simply Measured bahkan menunjukkan bahwa post Instagram yang caption-nya mencantumkan satu hashtag saja bisa mendapatkan engagement hingga 12,6% lebih tinggi daripada post yang tidak memiliki hashtag sama sekali.

Terlebih, setiap harinya ada sekitar 95 juta foto yang diunggah ke Instagram. Dengan konten sebanyak itu, sangat menantang rasanya bagi Instagram untuk memberikan konten yang tepat ke orang-orang yang tepat. Nah, hashtag inilah yang akan membantu Anda agar konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang memang tertarik.

Namun, hashtag yang sebetulnya powerful bisa kehilangan fungsinya jika Anda tidak menggunakannya secara bijak. Coba baca kembali kalimat pembuka tulisan ini yang setiap katanya dibuat menjadi sebuah hashtag. Terasa sangat mengganggu, bukan? Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi hashtag Instagram yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal tanpa membuat followers terganggu. Bagaimana caranya?

Gunakan hashtag yang spesifik

Sebagai digital marketer, wajar apabila Anda ingin agar brand awareness Anda bisa meningkat. Menggunakan hashtag Instagram memang dapat menjadi salah satu cara ampuh untuk mencapai hal tersebut. Namun, bukan berarti Anda bisa mencantumkan hashtag apa pun tanpa melakukan filter terlebih dulu. Rule pertama yang harus Anda perhatikan adalah menggunakan hashtag yang spesifik di Instagram.

Memang, hashtag yang sifatnya umum seperti #dogs lebih populer, tetapi demografisnya terlalu luas. Coba posisikan diri Anda sebagai audiens. Jika mereka mencari hashtag yang lebih spesifik seperti #siberianhusky dan menemukan salah satu post dari Anda, akan tercipta engagement lebih tinggi karena konten itulah yang benar-benar mereka cari.

Perhatikan jumlah hashtag yang dicantumkan
Seperti yang sudah disebutkan tadi, tidak semua kata yang Anda tuliskan di caption harus diubah menjadi hashtag. Anda harus membatasi jumlah hashtag yang dicantumkan pada caption. Jika menganut pada hasil riset yang dilakukan Simply Measured, sebanyak 91% brands ternyata hanya menggunakan kurang lebih tujuh hashtag Instagram pada post mereka.

Follow hashtag Anda sendiri di Instagram
Agar strategi hashtag Instagram bisa berjalan optimal, jangan hanya sekadar mencantumkannya pada post Anda. Kini Anda juga bisa follow berbagai hashtag di Instagram. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu search hashtag tertentu dan langsung klik tombol follow di halaman hashtag tersebut.

Dengan melakukan follow, Anda bisa terus update tentang konten-konten seperti apa yang sedang ramai dibicarakan. Bahkan Anda pun jadi punya kesempatan untuk melakukan engagement dengan orang-orang lain yang membicarakan topik sama.

Tak hanya itu, jika Anda follow hashtag brand Anda di Instagram, Anda juga bisa “bertemu” dengan orang-orang yang membicarakan Anda sekaligus menjalin koneksi dengan mereka. Pastikan saja akun Instagram Anda tidak dalam pengaturan private sehingga orang-orang bisa menemukan konten Anda melalui pencarian hashtag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *