Kapan Bisnis Kita Memerlukan Rebranding?

Editor 1 August 2020 0 Comments
Laptop in a coworking space

Rebranding merupakan strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membuat identitas baru yang dapat mengubah citra sebuah bisnis atau produk. Hal ini lumrah dilakukan dalam dunia perbisnisan agar produk tetap dapat bersaing dengan produk lainnya di pasaran. Biasanya yang diubah dalam proses rebranding adalah nama, logo, visi dan misi, dan beragam identitas krusial lainnya.

Berikut beberapa ciri bahwa bisnis Anda sedang memerlukan rebranding :

Nama Bisnis Tidak Lagi Mencerminkan Visi Utama Bisnis Anda

Hal ini mungkin saja terjadi pada bisnis-bisnis yang telah berdiri lama. Pada suatu masa, merek bisnis Anda mungkin mampu merepresentasikan apa yang Anda tawarkan, namun terkadang perubahan pada budaya, konteks, dan bahasa mampu mengubah makna dari merek bisnis Anda.

Jadi, jika hal ini terjadi, bisnis Anda berarti memerlukan rebranding dari segi nama untuk kembali menyesuaikan dengan visi usaha.

Bisnis Anda Mengalami Perubahan Model atau Strategi Bisnis

Terkadang, model atau strategi bisnis sebuah perusahaan ketika didirikan dapat berubah seiring waktunya berjalan. Terkadang hal ini terjadi karena perubahan tidak terduga pada pasar seperti akibat kemajuan teknologi atau model bisnis yang berubah.

Bisnis Anda Melakukan Merger atau Penggabungan Perusahaan

Banyak sekali perusahaan yang melakukan penggabungan menjadi satu untuk menjadi lebih besar atau untuk bertahan tidak bangkrut. Proses akuisisi ini membutuhkan rebranding perusahaan guna beradaptasi dan saling menyesuaikan antar masing-masing bisnis.

Biasanya sebuah bisnis atau perusahaan perlu mengganti manajemen, suasana internal perusahaan, model kepemimpinan, dan lain-lain. Bahkan, terkadang perubahan nama dan logo juga perlu dilakukan jika telah menjadi kesepakatan bersama antar dua bisnis yang melakukan merger.

Nah, jika beberapa tanda tersebut telah Anda alami, sebaiknya segeralah melakukannya. Jangan mempertahankan ego dan citra awal bisnis jika keberadaannya sudah mulai terancam dan perlu pembaruan. Cobalah untuk memulai memasarkan bisnis Anda dari awal dan buatlah fresh start agar bisnis dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan.

Jika bisnis Anda baru saja rebranding dan memerlukan bantuan untuk mempopulerkannya dalam waktu sekejap, segeralah hubungi Adiloka Studio. Kami dapat membantu proses rebranding Anda lebih mudah dan cepat berkembang. Dengan jasa iklan google adwords, jasa iklan youtube ads, hingga jasa SEO terbaik di Indoesia dapat kami bantu lakukan untuk mengembalikan kepopuleran bisnis Anda yang baru saja rebranding.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *