Mengenal Keyword Intent

admin 10 September 2020 0 Comments

Prinsipnya, keyword intent itu berbicara tentang apa maksud dibalik bakwan eh maksud dibalik orang mengetikkan kata kunci di mesin pencari. Misalnya, ketika saya membuat review film, saya akan mencari tahu tentang film itu sendiri di Google. Mesin pencari, dalam hal ini Google, membaca tujuan pencarian tersebut dan menampilkan informasi yang saya butuhkan

Jenis Tujuan Pencarian dan Pengaruhnya dalam SEO Post

Dalam artikelnya, Brian Dean dan Backlinko menuliskan juga kategorisasi keyword intent “Buy Now” dan “Product” sedangkan dalam dua artikel lainnya, jenis tujuan pencarian ini dimasukkan dalam kategori Commercial Keyword Intent. Mengingat kalau Backlinko bahasnya fokus pada Commercial Intent yang memang mengarah pada mendapatkan uang online, menurut saya sih wajar aja kategorisasinya.

1. Tujuan Pencarian: Navigasi (Navigational Intent)

Pada intinya seperti yang tertera pada gambar di atas. Tujuan pencarian yang sifatnya navigasi ini adalah untuk mencari tahu url situs yang sedang dibutuhkan.

Kapan Sebenarnya Seseorang Melakukan Tujuan Pencarian “Navigasi” ini?
Jawabannya adalah ketika orang tersebut sudah tahu kalau sebuah “brand” memiliki website dan biar memastikan url yang diingatnya bukan url yang salah.

Dalam hal menulis artikel permintaan dari brand, kita sebagai blogger, ada baiknya menghindari menggunakan keyword jenis ini. Karena tujuan orang mencari adalah untuk memastikan url itu. Kita sebagai blogger tidak akan mendapatkan banyak traffic dari jenis kata kunci yang satu ini.

Jenis pencarian yang umum dilakukan kedua adalah informational keyword intent. Tujuan orang melakukan hal ini adalah untuk mencari informasi. Apakah itu informasi terkait brand ataupun tidak terkait sama sekali.

2. Penerapan untuk Brand dan Blogger

Blogger biasa mengincar kata kunci informasi ini. Kenapa? Alasan pertama adalah mudah menjadi nomor satu di mesin pencari dengan keyword ini. Yang kedua, kita, sebagai blogger, adalah penyebar informasi.

Coba saja tengok post dengan traffic terbesar di blog kamu, apa kata kunci yang digunakan. Apakah termasuk jenis pencarian informasi?

Untuk Brand, menggunakan kata kunci informasi bisa digunakan dalam artikel blog di situs resminya. Biasanya artikel berupa tips dan trick sangat bermanfaat. Misalnya dalam tas kanvas Divinces, saya menemukan artikel berupa tips merawat tas kanvas. Ini sudah oke kok tujuannya.

Dalam penerapannya, sering kali brand lupa menerapkan CTA – Click To Action dalam artikel. Hal ini yang juga perlu diperhatikan. Konversi dari artikel yang dibaca ke penjualan kan yang dicari oleh brand.

3. Tujuan Pencarian Komersial (Commercial Keyword Intent)

Tujuan pencarian komersil ini berada di antara informasi dan transaksi. Biasanya dilakukan oleh orang yang sudah punya “niat” untuk do something towards brand tapi masih butuh satu dua info yang bisa membantunya memutuskan.

Nah, yang paling sering termasuk dalam keyword intent yang satu ini adalah review. Ketika kita review produk, kita sebenarnya mengejar traffic dari tujuan pencarian komersil. Karena Review produk itu salah satu faktor penentu buat pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *