Tips Maintenance Website

Editor 29 July 2020 0 Comments

Maintenance website adalah kegiatan pemeliharaan website yang bertujuan untuk merawat website agar tetap berada pada performa yang baik, terupdate, dan terhindar dari berbagai permasalahan yang dapat merugikan website kamu.

Sebagai pemilik website, kamu dapat melakukannya sendiri, atau kamu juga bisa meminta bantuan kepada salah satu agensi yang menyediakanjasa maintenance website, biasanya mereka lebih ahli dan memiliki berbagai pengalaman.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk maintenance website :

  1. Periksa Hosting Website

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu memeriksa hosting website agar kecepatan website tetap stabil. Karena berbagai aktivitas pengunjung di website, dapat menyebabkan CPU usage yang semakin meningkat dan menyebabkan loading website menjadi lambat. Atau kamu juga bisa meminta bantuan kepada penyedia jasa hosting untuk memberitahu ketika penggunaan CPU usage sudah terlalu berlebihan.

2. Backup Data Website

Data (file) website yang terdapat dalam hosting harus di backup secara berkala untuk mengantisipasi keadaan force majure, seperti serangan hacker atau virus yang mengancam keamanan website.

Dan hal lain yang perlu kamu perhatikan yaitu simpan file backup di tempat yang terpisah dengan data website, untuk mengantisipasi pihak-pihak yang ingin menghapus data website secara keseluruhan, termasuk file backup.

3. Evaluasi Kinerja SEO

Dengan teknik optimalisasi SEO (Search Engine Optimization) terbukti mampu meningkatkan trafik website pada mesin pencari. Tetapi optimalisasi tidak dapat dilakukan sekali saja, kamu perlu mengevaluasi (menilai) kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan. Tujuannya agar kinerja SEO dapat berjalan dengan baik dan trafik website terus meningkat.

4. Update Konten

Salah satu keuntungan memiliki website adalah menyampaikan berbagai informasi yang up to date mengenai bisnis kamu kepada pengunjung website. Semakin up to date informasi yang kamu tampilkan, maka mereka akan sering berkunjung ke website kamu.

Maka dari itu, update konten website kamu secara rutin. Sebenarnya tidak ada aturan (batasan) waktu update yang jelas. Namun idealnya paling lama 3 hari sekali seharusnya ada konten terbaru.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *