Tips Mengambil Foto Makanan

Editor 1 August 2020 0 Comments

Food photography merupakan jenis fotografi yang menggunakan makanan sebagai objek pemotretan. Hal ini biasa dilakukan oleh pengusaha kuliner maupun influencer yang sedang mempromosikan produk berupa makanan

Fotografi makanan bisa digambarkan seperti seseorang yang sedang membuat lukisan, dimana semuanya dimulai dengan sesuatu yang kosong. Semakin digambar dengan baik, maka akan nampaklah keseimbangan yang sempurna dari realitas dan seni yang ada dalam pikiran anda. Segala sesuatu yang ditampilkan dan ditempatkan di dalam foto merupakan pilihan serta keputusan yang sempurna yang telah dipikirkan matang-matang oleh fotografer itu sendiri.

Bagi sebagian besar fotografer, food photography merupakan hal yang sulit dilakukan serta membuat kepala pusing, karena disamping menyusun konsep dasar mengenai pemotretan, anda juga harus memastikan bahwa makanan yang hendak dijadikan sebagai subjek dalam pemotretan, harus tetap terlihat segar seperti pada saat pertama kali anda melihatnya.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengambil foto makanan :

  1. Menggunakan Makanan Panas

Memotret dengan menggunakan makanan yang masih panas punya batas waktu. Itulah sebabnya, manfaatkanlah waktu sebaik mungkin. Misalnya, jika anda ingin mengambil gambar dengan menggunakan subjek seperti soup dengan tampilan uap yang masih hangat, maka aturlah pengaturan kamera anda sebelumnya dan pastikan bahwa alat peraga atau elemen pendukung lainnya sudah disiapkan. Karena jika persiapan yang anda lakukan tepat, maka anda akan memperoleh hasil yang memuaskan. Sebagai tambahan, jika latar belakang yang gelap tidak tersedia pada saat pemotretan, maka gunakanlah cahaya tambahan atau reflector untuk memberikan penerangan yang cukup buat subjek anda.

2. Perhatikan Komposisi Warna

Warna yang norak (berlebihan) membuat semua foto terlihat mencolok. Namun, ini bukanlah berarti bahwa anda tidak bisa mendapatkan gambar yang baik dengan menggabungkan warna-warna yang ada. Terlepas dari fakta bahwa tidak semua tempat dapat memberikan hasil yang baik dalam pemotretan, maka pastikan bahwa anda telah mempertimbangkan komposisi pencahayaan yang akan anda gunakan dalam menutupi setiap elemen / unsur pemotretan yang hilang yang biasanya memberikan efek yang signifikan pada setiap gambar.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *