Manfaat Blogging untuk Bisnis

admin 31 August 2020 0 Comments


Business blogging is not an option for your business—it’s a must. Ia dapat menjadi taktik yang sangat jitu untuk membuat bisnis Anda lebih “terlihat” di ranah online, atau yang biasa disebut dengan “online visibility”. Sifatnya tentu saja berbeda dari blog-blog pribadi yang dimiliki oleh banyak orang. Apabila blogging secara pribadi cenderung dilakukan untuk alasan hobi, maka business blog merupakan sebuah media marketing yang bertujuan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Untuk business blogging, konten-konten di-post-kan pada blog yang terdapat di situs resmi bisnis Anda. Topiknya pun harus berhubungan dengan bisnis yang Anda jalankan. Hal inilah yang kami lakukan pada situs Penulis.ID. Karena bisnis yang kami tawarkan berupa digital content marketing, kami pun mem-publish konten-konten yang terkait dengan topik serupa, seperti jenis-jenis inbound marketing, waktu terbaik untuk posting konten pada media sosial, perbedaan marketing B2B dengan B2C, dan lain sebagainya.

Lalu, seberapa besar manfaat aktivitas blogging untuk bisnis Anda? Apa yang membedakannya dengan alat marketing lain seperti media sosial dan e-mail? Alasan-alasan di bawah ini akan membuat Anda segera melakukan blogging sebagai taktik marketing Anda.

Meningkatkan Traffic Situs Anda
Untuk membuat situs web Anda menjadi perangkat marketing yang berharga, Anda tentu membutuhkan banyak pengunjung agar jumlah traffic-nya meningkat. Tapi, cara apa yang harus Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut? Pengunjung bisa saja mengetikkan alamat situs web Anda pada kotak browser mereka, tetapi tentu hanya pengunjung “lama” saja yang akan melakukannya, yakni mereka yang telah mengetahui tentang brand dan bisnis apa yang Anda jalankan. Atau, Anda juga bisa membeli slot iklan yang harganya tidak bisa dibilang murah. Bayangkan jika budget Anda menipis, traffic pada situs web Anda tentu akan menurun pula.

Memperluas Jaringan pada Media Sosial
Selain meningkatkan kesempatan bagi situs web Anda untuk muncul pada mesin pencari online, blogging untuk bisnis ternyata mampu membantu Anda untuk memperluas jaringan pada media sosial. Tambahkan fitur “share” pada setiap postingan blog Anda agar orang-orang dapat menyebarkannya pada media sosial mereka. Hal tersebut akan melebarkan jangkauan bisnis Anda ke audiens baru yang mungkin belum mengenal perusahaan Anda.

Membangun Kepercayaan
Keefektifan blogging untuk bisnis dapat dilihat dari jumlah traffic dan leads pada situs web Anda. Hal tersebut memang sangat penting, tapi jangan lupa untuk menyediakan konten yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dari para konsumen potensial Anda. Melakukan hal tersebut secara konsisten dapat menciptakan rasa percaya pada diri mereka terhadap brand Anda. Secara spesifik, hal ini dapat membantu aspek “sales and service” pada perusahaan.

Mendapat Hasil Jangka Panjang
Ketika Anda menulis dan mem-publish sebuah postingan blog dalam waktu satu hari, misalnya, traffic dan leads yang Anda dapatkan tidak akan berhenti dalam satu hari pula. Sebaliknya, setiap postingan blog dapat membantu meningkatkan jumlah traffic dan leads dalam waktu yang tidak terbatas. Katakanlah Anda mem-publish sebuah postingan blog hari ini, dan dengan cepat menghasilkan 200 views dan 15 leads. Esoknya, Anda kembali mendapatkan 100 views dan 8 leads. Tetapi, setelah beberapa hari, postingan blog tersebut justru tidak menarik traffic dan leads sama sekali.


Inilah menariknya blogging untuk bisnis. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, setiap postingan blog yang Anda publish akan masuk pada mesin pencari online. Jadi, Anda masih bisa mendapatkan traffic dan leads melalui postingan blog tersebut untuk beberapa hari, minggu, bahkan beberapa bulan setelahnya. Bukan tidak mungkin bahwa jumlah traffic dan leads yang Anda dapatkan setiap bulannya berasal dari postingan-postingan lama pada blog Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *