Kelebihan Digital Marketing

Editor 29 July 2020 0 Comments

Di era digital seperti sekarang ini banyak pengusaha dan para pelaku ukm yang memulai terjun melakukan promosi dengan media digital marketing. Banyak pebisnis offline yang meninggalkan promosi secara offline dan beralih memasarkan produknya lewat internet

Mempromosikan produk atau jasa melalui internet dengan media digital marketing memiliki berbagai keuntungan, diantaranya sebagai berikut :

 

Pengguna internet di Indonesia mencapai 150 juta

Hasil survey perusahaan luar negri hootsuite, pengguna internet di Indonesia pada tahun 2018 lalu sudah mencapai 150 juta dari total penduduk Indonesia sekitar 268 juta jiwa, artinya ada sekitar 56% penduduk Indonesia yang sudah menggunakan internet. Dari data di atas bisa kita lihat, bahwa calon konsumen pembeli produk atau jasa kita itu berkumpulnya di internet, seperti; membuka website, aktif di social media, facebook, Instagram, Youtube, email dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia, kita dapat manfaatkan dan menjangkau untuk melakukan promosi kepada mereka dengan menawarkan dan mengenalkan produk kita

 

Dapat  dianalisa

Dalam melakukan promosi secara online, kita bisa menganalisa berapa jumlah pengunjung website kita, dan berapa jumlah orang yang membeli produk kita.

Berbeda dengan cara promosi melalui ofline, tidak dapat di ukur dengan data, jadi kita akan sulit dalam mengukur keberhasilan promosi kita.

Dengan promosi di internet kita dapat melakukan scale up bisnis kita dengan memperbesar pasar atau memperluas wilayah promosi dan menaikkan budget promosinya

Menekan Biaya Produksi

Promosi di internet kita tidak perlu mengeluarkan biaya sampai puluhan juta rupiah, untuk memulainya bisa dengan beriklan di Facebook dengan biaya minimal Rp 50,000 ,-. Atau kita bisa membuat website dengan biaya sekitar 1 juta rupiah kita sudah bisa memiliki website untuk brand dan mengenalkan produk kita ke seluruh wilayah di Indonesia

Promosi di internet juga bisa dengan cara gratisan, seperti promosi yang bisa di lakukan di Facebook personal, membuat chanel Youtube, membuat Instagram dan lain lain. Berbeda dengan apabila kita mempromosikan melalui offline, seperti menyewa ruko, membuka stand, membuat brosur, membuat spanduk dan lain lain, biayanya akan jauh lebih besar.

 

Jangkauan marketing lebih luas

Dengan melakukan promosi secara online, kita dapat menjangkau ke seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia. Berbeda dengan promosi secara offline, pembelinya biasanya hanya orang orang sekitar lokasi bisnis Anda di buka. Dengan demikian kesempatan penjualan produk Anda akan lebih banyak apabila di lakukan secara online.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *