Mengenal Guest Blogging

admin 26 September 2020 0 Comments

Secara garis besar, guest blogging adalah menulis konten blog untuk dipublikasikan ke blog lain yang bukan milik sang penulis secara cuma-cuma. Meski di blog yang bukan miliknya, penulis masih memiliki hak penuh terhadap konten tersebut. Nama penulis masih dituliskan dalam konten itu. Aturan utamanya, penulis boleh bebas memasukkan link dalam artikelnya, dan pemilik blog berhak menerima atau menolak kontribusi tersebut.

Secara garis besar:
1) Penulis menuliskan artikel dan menunjukkannnya ke pemilik blog;
2) Pemilik blog memutuskan apakah artikel tersebut cocok untuk blognya. Apabila cocok, maka pemilik blog akan langsung mempublikasikan di situsnya.
Biasanya, blog yang jadi “inang” adalah blog yang memiliki reputasi pengunjung yang cukup besar. Namun bisa juga dilakukan oleh dua blog yang sedang berkembang melakukan guest blogging silang, atau satu sama lain berkontribusi terhadap blog partner mereka.

Pentingnya guest blogging

Blog inang tentu untung dengan guest blogging ini. Blog mereka mendapatkan konten gratis dan tentunya berkualitas. Lantas apa yang jadi keuntungan dari pihak penulis yang memberikan idenya secara cuma-cuma? Berikut ini adalah pentingnya guest blogging dari sisi sang penulis.

1) Guest blogging mampu meningkatkan reputasi

Ketika Anda menuliskan banyak konten marketing di blog Anda, mungkin memang benar bahwa pengetahuan Anda dalam topik tersebut memang tidak bisa dianggap remeh. Namun bila Anda hanya punya reputasi yang sedikit, artinya pengetahuan Anda sia-sia belaka.
Meletakkan karya Anda di blog lain akan membantu audiens potensial Anda untuk mencari nama Anda. Sedikit bantuan dari reputasi blog inang kan tertular ke reputasi Anda.
Semakin banyak pembaca yang menyimak tulisan Anda, maka semakin bagus reputasi Anda di mata publik. Memang prosesnya akan berlangsung secara kumulatif dan butuh waktu. Namun, Anda juga dapat mempercepatnya dengan banyak karya dalam kurun waktu yang pendek.

2) Guest blogging akan memberi audiens, bukan hanya traffic

Semua orang bisa saja membeli traffic dengan menggunakan pay-per-click atau model periklanan lainnya. Hal tersebut juga salah satu strategi yang bagus. Namun, apa yang Anda beli hanyalah traffic, tidak lebih.
Traffic yang hadir dari guest blogging, di sisi lain, merupakan juga audiens. Dengan kata lain, ada orang-orang yang tertarik dengan topik Anda dan yakin dengan kata-kata yang Anda tuliskan. Bukan tidak mungkin, orang-orang ini adalah orang-orang yang nantinya akan menyebarkan brand Anda.

3) Guest blogging membangun jaringan yang besar
Bagaimana sebuah blog menjadi besar?

Tentu kuncinya adalah dengan membuat koneksi yang baik. Blog akan membangun jaringan blog yang sehat untuk saling membantu menyebarkan brand. Bila blog inang memiliki audiens yang cukup besar dan responsif, maka jaringan tersebut akan membantu nama brand Anda tersebar dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *