Mengukur Keberhasilan Brand Awareness

admin 27 August 2020 0 Comments

Salah satu hal yang selama ini menjadi kesulitan kita adalah tidak tahu beberapa hal terkait indikator brand awareness yang diperlukan untuk mengukur keberhasilan brand awareness yang telah kita bangun.

Ingin tahu bagaimana cara mengukur brand awareness untuk dijadikan indikator? Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

Penelitian Panel atau Survey

Anda bisa menggunakan penelitian untuk mengetahui seberapa kuat brand atau merek yang selama ini Anda kembangkan. Penelitian panel adalah salah satu jenis model penelitian jangka panjang yang selama ini digunakan untuk mengetahui perubahan atas sikap, perilaku, atau pendapat kepada sebuah populasi.

Selama ini penelitian panel juga sering disebut dengan panel research. Jika dalam sebuah survey nanti yang menjadi target penelitian mengetahui mengenai produk tersebut berdasarkan kategori produk, maka proses yang Anda lalui untuk mengembangkan brand awareness bisa dikatakan berhasil. Dan hal ini berlaku sebaliknya.

Terkiat dengan survey kesadaran merek, ada dua kategori survey yang biasa digunakan oleh mereka yang ingin melihat kekuatan kesadaran merek. Berikut diantaranya:

  1. Unaided Recall Tests

Ini adalah sebuah test yang biasa digunakan untuk mengetahui seberapa kuat ingatan konsumen akan merek yang akan kita lihat. Dalam prakteknya nanti, responden akan diberikan suatu kategori produk dan akan diminta untuk menyebutkan nama produk yang mampu mereka ingat.

  1. Aided Recall Tests

Ini adalah jenis survey yang biasa digunakan pemilik usaha untuk mengetahui kekutan masyarakat atas kesadaran nilai yang ada pada sebuah merek produk.

Dalam test ini, responden akan diberikan nama sebuah produk dan mereka akan diminta untuk menjelaskan apa yang mereka ketaui terkait nama produk tersebut.

Apa yang disampaikan responden nanti bisa berupa seperti apa logonya, warna, fungsi produk, atau hal lain yang masih menyangkut tentang nama dari produk tersebut.

Menggunakan Sosial Media

Dahulu ketika seorang ingin mengetahui seberapa kuat kesadaran merek atas sebuah produk harus melakukan survey dengan menyanyakan langsung kepada masyarakat. Namun ditengah maraknya digitalisasi seperti sekarang ini kita bisa memanfaatkan sosial media untuk hal tersebut.

Anda bisa melihat analitik dari sosial media Anda. Apalagi sekarang ini beberapa sosial media seperti Facebook dan Instagram sudah ada fitur Audience Insights, tentu ini akan sangat membantu.

Beberapa hal lain yang bisa Anda lihat dari sosial media seperti seberapa kuat interaksi para pengikut Anda, seberapa banyak follower, atau dengan memanfaatkan beberapa tool yang sudah tersedia seperti Buffer dan Tailwind yang memang digunakan untuk melihat interaksi pada sebuah akun sosmed.

Menggunakan Analytics Website

Selain dua cara diatas, kita juga bisa menggunakan analytics web sebagai indikator brand awareness. Apalagi dalam panduan belajar digital marketing kali ini kita memang menggunakan website sebagai poros dari strategi penjualan, tentu dengan melihat website secara langsung akan jauh lebih efektif.

Silahkan pergi ke Google Analytics, dan lihat beberapa hal penting yang ada disana seperti eksternal link, traffik, koment, share, dan beberahal lainnya. Amati hal ini untuk mengukur secara berkala, jika menujukan perkembangan dari waktu ke waktu, berarti upaya untuk membangun brand awareness Anda sudah berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *