Pentingnya Membagun Brand Awareness

admin 17 July 2020 0 Comments

merupakan suatu istilah strategi pemasaran yang dapat menggambarkan tingkat kesadaran konsumen terhadap suatu produk. Mempromosikan suatu produk baru atau menghidupkan kembali suatu merek lama merupakan salah satu langkah tepat yang dapat dilakukan untuk membangun brand awareness.

Dalam membangun brand awareness, biasanya perusahaan memanfaatkan platform atau sosial media yang tengah menjadi daya tarik konsumen seperti Instagram atau Facebook. Dengan adanya brand awareness, perusahaan dan calon konsumen dapat mengdentifikasi suatu produk dengan produk lainnya. Perusahaan pun dapat menyesuaikan jenis promosi yang sesuai, baik melalui iklan, sponsorship, acara, hingga media cetak.

Promosi produk memiliki peran penting untuk menimbulkan kesan bagi masyarakat dan menjadikan brand awareness semakin kuat, sehingga terbentuk hubungan emosional antara masyarakat dengan nilai-nilai yang diunggulkan dalam sebuah brand.

Hubungan emosional dan rasa familiar yang timbul karena brand awareness akan membuat masyarakat memilih produk tertentu saat dihadapkan pada banyak pilihan produk sejenis. Inilah sebabnya orang-orang membeli produk dari suatu merek berulang kali.

Indikator Brand Awareness

Apa saja indikator berhasilnya sebuah promotional campaign? Berikut ini adalah indikator yang dapat membantu Anda untuk mengevaluasi keberhasilan pemasaran untuk. Terdapat 3 indikator yang dapat memberikan sedikit gambaran soal brand awareness yang sedang dibangun.

  1. Trafik website, menunjukkan seberapa banyak pengunjung yang tertarik dan mengikuti merek Anda.
  2. Engagement sosial media, yang dapat ditunjukkan lewat jumlah followers, like, retweet, dan komen yang terus meningkat.
  3. Anggapan orang lain tentang merek. Ketika orang berkata bahwa merek Anda buruk, maka impresi negatif dapat menular ke calon konsumen yang lain.

Strategi Meningkatkan Brand Awareness

Terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan untuk membangun brand awareness diantaranya adalah menggunakan promosi melalui sosial media dan menyisati konten.

Sosial media menjadi pilihan bagus untuk meningkatkan brand awareness, sebab media ini menjadi konsumsi yang wajib bagi masyarakat saat ini. Anda harus benar-benar aktif mengunggah konten yang relevan dan berinteraksi dengan audien secara berkala. Dengan mengunggah konten yang relevan, maka Anda akan mengumpulkan banyak audiens yang nantinya dapat menjadi prospek bagi bisnis Anda.

Sedangkan konten marketing merupakan pilihan fresh di tengah masyarakat yang jemu pada iklan. Ciri utama content marketing ialah di mana merek menyajikan konten yang memiliki nilai, baik itu informasi atau hiburan bagi audiensnya.

Untuk meningkatkan kualitas konten maupun melakukan riset sosial media, Anda dapat mempercayakannya kepada Adiloka Studio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *