Personal Branding Di Dunia Maya Yang Akan Melejitkan Omzetmu

admin 22 November 2019 0 Comments

Personal Branding di Dunia Maya yang Akan Melejitkan Omzetmu – Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini adalah jaman dimana teknologi dapat membantu segala kebutuhan seseorang. Apa yang dibutuhkan seseorang, saat ini sudah dapat diketahui dengan berselancar di dunia maya. Percaya atau tidak, google yang merupakan salah satu search engine terbaik di jagad raya ini akan membantu apa yang Anda butuhkan. Nah, hal tersebut menjadikan seseorang harus melakukan yang namanya Personal Branding di dunia maya yang dapat melejitkan omzet Anda. Nah, apakah Anda tahu apa itu personal branding di dunia maya? Mungkin bagi Anda yang bingung dengan istilah tersebut, personal branding merupakan salah satu cara untuk “menjual” diri dengan menggunakan bermacam-macam alat atau media apapun yang berbau dengan digital. Yang pastinya untuk memudahkan segala proses personal branding.

Dunia maya itu memang luas, sehingga Anda harus mengetahui segmen mana yang harus Anda bidik. Karena kesalahan dalam membidik segmen yang tepat akan menjadikan personal branding Anda menjadi GAGAL. Sejatinya, personal branding dapat Anda lakukan kapanpun dan dimanapun. Akan tetapi, dalam bahasan kali ini yaitu personal branding di dunia maya yang akan melejitkan omzetmu ini berfokus pada tools digital yang dapat Anda gunakan. Berikut ini, telah dihimpun oleh tim Adiloka Studio mengenai tips-tips personal branding di dunia maya yang mudah untuk Anda terapkan sendiri sehingga dapat memberikan efek positif dalam bisnis yang sedang Anda geluti.

Personal Branding di Dunia Maya yang Akan Melejitkan Omzetmu

1. Fokus Tentang Apa yang Anda Jual

Mau jadi apakah Anda, semua itu tergantung dengan produk yang akan Anda jual. Jika Anda sudah memulai bisnis dan hanya seperti berjalan tempat, bisa jadi Anda belum fokus terhadap apa yang Anda jual. Sebagai contoh jika Anda menjual produk fashion akan tetapi Anda sebagai pemilik bisnis tersebut tidak mengetahui mengenai produk yang Anda jual, bahan yang digunakan dalam membuat produk tersebut, dan masih banyak lagi. Product knowledge itu hal yang paling penting. Karena segala informasi terkait dengan waktu, Anda pasti dapat jangkau hingga ke seluruh penjuru dunia dalam hitungan detik sekalipun. Seperti contoh sebelumnya yaitu sebagai “penjual” produk fashion, berarti Anda harus mulai dari detik ini untuk sharing terkait hal-hal yang berbau fashion. Hal-hal tersebut diantaranya bisa tips-tips, cara, harga, dan masih banyak lagi. Anda bisa sharing baik berupa artikel, gambar, maupun video. Apapun yang Anda share ke orang lain akan menjadikan Anda memiliki personal branding sebagai penjual produk fashion. Sudah jelas khan?

2. Sukai dan Kuasai Topik yang Anda Jual

Yang perlu diperhatikan disini, jika Anda seorang penjual produk fashion, jangan coba-coba untuk “menjual” diri Anda sebagai orang yang paham tentang kuliner. Ini PENTING! Kenapa? Karena bahasan yang tidak Anda kuasai dan sukai tersebut tidak akan berlangsung lama, istilah Jawanya hanyalah anget-anget. Ketidak fokusan Anda akan mempengaruhi branding yang melekat pada diri Anda. Hal ini pun akan membuat follower Anda menjadi tidak percaya lagi bahkan bisa jadi mereka menganggap diri Anda terlalu memaksakan diri. Apakah Anda mau dianggap seperti itu?

Kalaupun memang memiliki bisnis dalam dunia yang berbeda, alangkah baiknya fokuskan dulu salah satu untuk dikembangkan hingga bisa menjadi auto pilot. Setelah itu, baru mengembangkan bisnis yang lain. Kenapa? Karena jangan sampai ketika Anda jalankan kedua bisnis yang bertolak belakang secara bersama-sama akan menjadikan Anda tidak fokus dan kebanyakan dari para pemula yang sangat “rakus” untuk meraup uang dari segala hal yang mereka anggap memiliki profit yang besar akan menjadikan bisnis yang dijalani akan bangkrut dan orang lain (follower) akan enggan untuk percaya dengan Anda. Oleh karena itu, kembangkan satu bisnis terlebih dahulu hingga memang bisa ditinggalkan, kemudian baru mengembangkan bisnis lainnya.

3. Anggap Diri Anda Sebagai Sebuah Produk yang Dijual

Dalam sebuah bisnis, pencitraan itu adalah hal yang paling PENTING. Kenapa bisa begitu? Orang lain akan merespon Anda positif ketika pencitraan yang Anda lakukan itu sesuai. Tapi ada yang perlu diperhatikan, buatlah pencitraan Anda itu senatural mungkin. Jangan sampai pencitraan yang Anda bangun akan merusak citra Anda karena terlalu berlebihan dan terkesan dibuat-buat. Bukannya orang lain simpati pada Anda, melainkan orang lain bisa menjauh dari Anda.

Jangan sekali-sekali memposting sesuatu yang memiliki unsur negatif seperti kata-kata kasar, menyindir orang lain, membully, dan lain sebagainya. Karena hal-hal yang berbau negatif tersebut akan menjadikan orang lain tidak simpati lagi dengan Anda. Untuk itu, selalu berikan hal-hal yang positif kepada orang lain khususnya dalam hal personal branding di dunia maya, karena dampaknya pun akan berbalik kepada Anda. Seperti pepatah mengatakan “Siapa yang menanam, dia akan menuai”. Menanamlah hal yang positif maka Anda akan menuai yang positif pula.

4. Pergunakan Alat Perang yang Mengikuti Jaman dan Anda Kuasai

Alat perang disini bukanlah senapan, panah, dan pedang lho ya. Alat perang di dunia yang serba digital ini seperti halnya facebook, instagram, website, dan lain-lain. Dengan modal yang minim dengan menggunakan alat perang digital tersebut akan sesuai dengan segmen yang akan Anda bidik. Selain Anda tidak perlu harus keluar rumah dan membuang uang untuk membuat brosur, menyebarnya, mengirim proposal, dan lain-lain. Baca juga : Pembuatan Website Murah Tapi Nggak Murahan

Nah, sekarang Anda sudah menguasai alat perang yang mana nich? Mulailah dari alat perang tersebut. jika Anda bisanya menggunakan facebook, mari gencarkan facebook Anda sebagai salah satu sarana untuk personal branding di dunia maya. Seperti poin sebelumnya bahwa pencitraan itu penting, sehingga Anda harus menggunakan facebook Anda untuk pencitraan yang positif. Bagikan tulisan atau apapun itu yang sesuai dengan branding Anda.

5. Dalami Ilmu Personal Branding

Kembali lagi, dalam melakukan personal branding itu banyak sekali cara-cara yang dapat Anda lakukan. Bisa menggunakan website, bisa menggunakan sosial media, bisa menggunakan aplikasi chat, dan sebagainya. Dan setiap tools yang akan Anda gunakan memiliki ciri khas dan cara tersendiri. Pelajari tools tersebut dan Anda juga pelajari apa itu personal branding, bagaimana melakukan personal branding di dunia maya yang efektif, dan lain sebagainya. Karena dengan belajar dan mengembangkan segala ilmu yang Anda butuhkan untuk melakukan personal branding tersebut adalah sangat penting untuk kemajuan bisnis yang Anda jalankan. Mungkin saat ini belum terlihat hasil dari personal branding Anda. INGAT!!! Bahwa segala hal itu tidak ada yang bersifat instan. Mie instan saja perlu proses yang cukup untuk dapat dinikmati, apalagi melakukan personal branding.

Apapun yang Anda lakukan saat ini, akan mencerminkan diri Anda di masa depan. Anda ingin SUKSES? Segeralah bergerak untuk melakukan hal-hal positif. Dengan hal positif akan membangun ke-SUKSES-an yang positif pula. Oleh karena itu, Adiloka Studio siap membantu Anda dalam menjalankan personal branding yang positif untuk kemajuan bisnis Anda. Berminatkah Anda untuk melakukan personal branding di dunia maya yang akan melejitkan omzetmu? Hubungi Adiloka Studio SEGERA di 0859 5653 1230.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *