Seni Promosi Melalui Cerita

Editor 27 July 2020 0 Comments
Friendly smiling diverse male colleagues having pleasant convers

Di era digital saat ini, persaingan bisnis semakin ketat. Para pemilik bisnis dituntut untuk bisa memenangkan segmen pasar. Nah, untuk memenangkan segmen pasar Anda harus membuat konsumen jadi lebih terlibat salah satu cara yang efektif adalah dengan storytelling atau promosi melalui cerita yang baik.

Story telling merupakan sebuah tulisan yang dibuat dengan cara bercerita. Cara seperti ini sebenarnya sudah biasa dilakukan, namun masih banyak orang yang belum paham. Salah satu contoh sederhana yang bisa kita lihat adalah seperti saat di sebuah seminar dimana pembicara mulai menceritakan pengalamannya yang jatuh bangun sebelum ia sukses.

Pada akhirnya pembaca yang memang sudah tertarik dengan gaya bicara pembicara dibuat semakin tergila-gila dengan pengalaman perjalanan sulitnya meniti karier sang pembicara.

Mengapa demikian? Karena sebuah konten akan membekas di ingatan audience bila cerita di dalamnya memiliki spirit tertentu. Misalnya kisah pendiri sebuah perusahaan. Dalam suatu brand, selain produk yang dimiliki oleh perusahaan, tentu juga memiliki seorang pendiri usaha tersebut. Sebagian besar audience menyukai cerita yang diawali kesusahan, perjuangan penuh kerja keras, dan diakhiri oleh keberhasilan.

Apa saja yang bisa dijadikan marketing cerita?

Selain cerita tokoh pendiri, storytelling untuk brand biasanya juga diambil berdasarkan sejarah perusahaan dan misi-misi perusahaan tersebut. Dengan kata lain storytelling ini mempresentasikan karakter brand lewat cerita. Begitu juga dengan produk yang akan kita pasarkan. Saat mengunggah gambar produk, akan lebih bagus jika kita bisa menyelipkan cerita dalam kolom deskripsinya, misalnya tentang dari mana bahan baku produk itu berasal, bagaimana proses pembuatannya, dan apa saja keunggulan produk tersebut.

Hal itu bisa berguna untuk para pelanggan agar mendapatkan informasi yang jelas dari suatu produk. Storytelling ini juga dapat memperhalus proses pemasaran.

Dalam memasarkan produk secara online, atau yang lebih kita kenal dengan istilah digital marketing, ada dua hal penting untuk digunakan, yaitu; konten gambar, dan konten tulisan.

Konten gambar bisa berupa foto produk, bisa juga berupa design grafis ilustrasi dan infografis. Untuk konten tulisan, berupa teks singkat dalam ilustrasi, infografis, dan caption text yang dituliskan untuk melengkapi gambar postingan konten bisnis.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *