Sejarah Perkembangan Digital Marketing

Editor 28 July 2020 0 Comments
digital composite of laptop with graphic

Sejarah Digital Marketing sangat berkaitan dengan revolusi teknologi, dari teknologi analog atau teknologi manual ke teknologi digital pada tahun 1980-an. Pada saat itu, kehadiran produk teknologi digital mulai bermunculan dan mulai digunakan secara massal di dunia. kemunculan komputer pada era 1980an memberikan peran penting bagi dunia marketing secara umum. Dengan dijualnya komputer, hubungan antara perusahaan dan pembeli pun mulai mengalami perubahan.

Perubahan paradigma ini sekaligus menjadi batu loncatan penting dalam revolusi penjualan teknologi pada era 1990an. Seiring pesatnya pertumbuhan pengguna computer, pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pun melesat dengan sangat cepat.

Barulah pada tahun 1990 istilah digital marketing diperkenalkan untuk pertama kalinya dihadapan publik. Kala itu diciptakan sebuah mesin pencari yang bernama Archie. Kehadiran Archie memicu sistem pengumpulan informasi yang lebih rapi hingga lahirlah World Wide Web (www) pada tahun 1991.

Sejarah Perkembangan Digital Marketing Pasca 90-an

Pada era 1990an ini juga para perusahaan mulai menyadari kalau mereka bisa menggunakan dunia digital untuk mendapatkan data yang sebanyak-banyaknya. Namun mereka belum bisa menggunakan data tersebut untuk bisa meningkatkan keuntungan.

Pada era 2000an perkembangan yang eksponensial pada dunia digital marketing terjadi. Berbagai layanan online dengan berbagai kebutuhan pun lahir pada era ini. Sebut saja misalnya LinkedIn, WordPress, Gmail, Facebook, Youtube, Amazon, hingga Spotify dan WhatsApp. Tercatat baru pada tahun 2007 muncul strategi marketing automation yang dirilis oleh perusahaan marketing raksasa seperti Marketo, Pardot dan Act On di Eropa dan Amerika. Strategi marketing automation ini memungkinkan setiap penjual melakukan kampanye marketingnya pada beberapa channel yang berbeda secara sekaligus.

Secara statistik, aktivitas dalam dunia maya memang telah mencapai puncaknya. Terhitung pada tahun 2014 setiap orang di Amerika setidaknya menghabiskan 11 jam hanya untuk online dalam sehari semalam. Dua per tiga pengguna di seluruh dunia juga secara rutin mengecek ponselnya meskipun tidak ada notifikasi yang masuk. Fakta ini membuktikan secara jelas bahwa kemajuan teknologi hari ini telah membuat orang-orang sangat aktif di dunia maya bahkan terkadang bisa melebihi aktivitasnya di dunia nyata.

AboutEditor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *