Strategi Marketing Di Masa Pandemi

admin 1 October 2020 0 Comments

Seperti yang sudah sama-sama kita tahu, dunia ini tidak sedang baik-baik saja. Virus bernama COVID-19 (Virus Corona) berhasil memporak-porandakan banyak negara sejak Desember 2019, tidak terkecuali Indonesia yang juga mulai kedatangan virus ini pada awal Maret lalu.

Sebulan kemudian, kita dapati aktifitas perkantoran banyak yang mengaplikasikan protokol bekerja dari rumah (Work From Home) walaupun tidak sedikit juga unit usaha di berbagai industri yang mulai keteteran dengan pandemi ini.

Maka pada kesempatan kali ini, kita akan berbagi strategi digital marketing yang bisa anda aplikasikan pada bisnis Anda agar dapat tetap survive di situasi sulit ini.

Tetap Terhubung dengan Customer / Klien Anda

Kita mengerti bahwa banyak orang saat ini dalam keadaan sulit, maka ini adalah kesempatan Anda untuk memperlihatkan empati kepada sesama.

Dengan banyaknya orang yang harus berdiam diri di rumah, terus nge-scroll sosial media mereka demi mendapatkan update terbaru atau sekedar mencari hiburan, Anda dapat ikut menampilkan konten yang bersifat kepedulian sosial bisnis Anda lewat media sosial, atau dengan cara mengirimkan Email secara massal kepada pelanggan newsletter Anda. Tentunya perlu diingat 1 hal, tampilkan konten yang tidak terlalu “jualan”.

Pastikan bisnis Anda mudah ditemui di Internet

PSBB bukan berarti kegiatan bisnis berhenti, masyarakat masih melakukan pembelian barang ataupun jasa, walau semua melakukannya dari rumah. Anda harus memastikan kehadiran bisnis Anda tetap signifikan terutama di Internet. Karena dengan kondisi seperti saat ini, konsumsi masyarakat terhadap konten di internet jelas naik secara signifikan.

Maka pastikan anda selalu menjalankan strategi Search Engine Optimization (SEO) agar bisnis Anda selalu mudah untuk di temukan. Kami mengerti bahwa SEO adalah investasi jangka panjang, karena proses optimisasi website di mesin pencari memang memakan waktu.

Apabila bisnis Anda terbilang baru dibangun atau memang belum pernah melakukan strategi SEO dan Anda tentunya tidak ingin kehilangan momentum, silahkan gunakan jasa iklan pay-per-klik (PPC) agar bisnis Anda mudah ditemui di Internet dalam waktu singkat.

Pastikan aset digital Anda terus ter-update

Jangan kasih kendor, inilah waktu yang tepat untuk memperbaharui portfolio pada aset digital Anda entah itu website ataupun akun sosial media. Selalu sajikan audience anda dengan konten yang berhubungan dengan industri bisnis Anda. Anda tentunya tidak mau bisnis Anda tenggelam dalam persaingan karena kompetitor bisnis Anda selalu terdepan dalam menyajikan konten pada aset digital mereka.

Persiapkan bisnis Anda untuk bangkit kembali

Tidak ada salahnya untuk tetap positif, seiring berjalannya waktu pandemi ini akan segera berakhir. Perlu diingat bahwa SEO merupakan strategi jangka panjang. Biasanya, kampanye SEO akan mulai terasa efektifitasnya 2-3 bulan sejak dijalankan.

Menghentikan kampanye SEO Anda saat ini adalah langkah yang buruk, bukan tidak mungkin pandemic ini akan berakhir 2-3 bulan dari sekarang dan dengan kampanye SEO yang baik Anda berarti siap untuk kembali bangkitkan Bisnis Anda.

Kesempatan yang baik untuk memberikan diskon

Fakta bahwa banyak orang saat ini terkunci dalam rumah mereka pastinya membuat mereka berfikir 2 kali untuk menghabiskan uang. Orang-orang akan lebih berhemat dalam berbelanja dan ini adalah suatu yang normal saat ini.

Maka dari itu memberikan diskon pada produk Anda adalah cara yang baik saat ini untuk mendapatkan simpati dari para pelanggan bisnis Anda, dan tentunya agar pemasukan tetap terus berjalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *