Tips Membuat Iklan Berkualitas

admin 9 October 2020 0 Comments

Cara membuat iklan yang baik adalah dengan mempertimbangkan setiap aspek yang digunakan pada iklan tersebut, agar calon konsumen tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan. Hal-hal yang dapat menarik perhatian konsumen tentu beragam. Pastikan Anda tahu betul keunggulan dari produk bisnis Anda yang tidak dimiliki oleh produk lain, sehingga Anda memiliki kekuatan untuk bersaing bahkan melalui iklan di platform yang sama.

Rosser Reeves dalam bukunya berjudul Reality in Advertising menuliskan bahwa, setiap iklan yang dibuat harus mengajukan keuntungan yang jelas dan berbeda dari produk serupa yang ditawarkan oleh perusahaan lain. Proposisi harus dibuat cukup kuat untuk menggerakkan massa, yaitu menarik konsumen dan juga calon konsumen. Misalnya, kekuatan iklan permen cokelat M&M yang terletak pada proposisi kalimat “Melts in your mouth, not in your hand.

Propaganda iklan tersebut tentu menegaskan keunggulan produk permen cokelat M&M dibandingkan dengan produk sejenis yang sering kali meleleh sebelum dikonsumsi. Menemukan kalimat-kalimat sederhana seperti itu jelas bukan pekerjaan yang mudah, serta membutuhkan waktu cukup lama terlebih jika Anda belum memiliki tim kreatif di dalam divisi penjualan. Untuk menghindari kesalahan yang sama, inilah cara membuat iklan yang efektif dan dapat mendatangkan profit.

Ciptakan Elemen Kreatif

Setiap perusahaan bisnis tentu memiliki elemen kreatifnya masing-masing, yang sudah ada sejak awal pengenalan merek dagang atau branding. Baik berupa maskot, logo, warna, jenis huruf, bahkan theme song, elemen-elemen kreatif inilah yang memudahkan konsumen atau calon konsumen mengingat dan mengenali produk Anda. Mempertahankan konsistensi visualisasi elemen kreatif yang Anda buat, berperan penting dalam menjamin kesuksesan sebuah iklan.

Di Indonesia, beberapa perusahaan besar sukses mendapatkan penjualan secara besar-besaran melalui setiap iklan yang diciptakan. Sebut saja, air mineral merek Aqua dengan theme songnya yang khas ataupun mie instan Indomie dengan slogan “Seleraku”. Kedua produk ini unggul dipasaran meski banyak memiliki pesaing. Alasan utama tentu sudah jelas, baik Aqua ataupun Indomie keduanya konsisten dalam menggunakan elemen kreatif yang telah diciptakan pada setiap iklan baru yang dibuat.

Lakukan Riset Pasar

Boleh jadi Anda telah berhasil mendapatkan konversi yang cukup tinggi hanya dengan mempraktikkan tips membuat iklan dengan memanfaatkan elemen kreatif perusahaan. Namun, perlu menjadi catatan bahwa berhasil saja tidaklah cukup membuat konsumen tetap bertahan pada produk bisnis Anda dalam jangka panjang. Hal ini dikarenakan konsistensi elemen kreatif yang tidak disertai dengan pembaruan akan membuat konsumen bosan melihat iklan yang itu-itu saja.

Elliot Simmonds, salah satu nominee Stockport’s Young Business Person of the Year 2014 sekaligus pimpinan konsultan Rippleout Marketing menegaskan, bahwa Anda perlu melakukan riset pasar secara berkala meskipun iklan yang dibuat sudah mencapai jumlah konversi yang ditargetkan. Anda tetap harus meluangkan waktu untuk mencari tahu sendiri, profil konsumen mana yang paling banyak? Siapakah orang yang kembali berkali-kali? Dari mana asal mereka?

Riset ini akan banyak membantu Anda dalam mewujudkan cara membuat iklan yang efektif serta menghasilkan penjualan. Dengan mengetahui detail profil konsumen, maka Anda tahu apa yang harus dilakukan pada pembuatan iklan selanjutnya. Cara ini juga dapat membantu Anda merencanakan strategi pemasaran yang tepat dengan target pasar yang demikian.

Bijak dalam Memilih Platform

Setelah melakukan riset pasar dan detail profil konsumen ada di tangan Anda, inilah saatnya memilih platform mana yang terbaik dan tepat sasaran sesuai dengan konsumen Anda. Beberapa platform bisa saja bekerja sangat baik untuk satu perusahaan, namun belum tentu untuk perusahaan Anda. Bersikap bijak dalam memilih platform tempat iklan diletakkan juga menjadi salah satu cara membuat iklan terlihat oleh konsumen yang telah Anda targetkan.

Pilih platform periklanan, seperti Google Adwords, apabila ada permintaan yang jelas untuk produk dan Anda ingin menargetkan orang-orang tertentu untuk menelusuri produk tersebut secara online. Namun tips membuat iklan ini bukan untuk semua orang. Sebaliknya, jika perusahaan Anda adalah sebuah startup yang memiliki produk baru dan inovatif yang belum pernah ada di pasaran, maka sebaiknya menghindari memasang iklan baris di mesin pencarian.

Hubungkan Metrik Media Sosial dengan ROI

Return on Investment atau yang disingkat dengan ROI adalah pengukuran yang penting bagi para pengiklan sebab perhitungan laba atas investasi didasarkan pada sasaran iklan tertentu, serta menunjukkan pengaruh yang nyata dari upaya periklanan terhadap bisnis Anda. Mengukur ROI dalam sebuah kampanye iklan adalah salah satu cara membuat iklan yang paling penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *